Lazada IndonesiaLazada Indonesia

Evolusi Komputer



Evolusi Komputer

Komputer adalah alat elektronik yang dipakai untuk mengolah data menurut perintah yang telah dirumuskan. Kata komputer semula digunakan untuk menggambarkan orang yang perkerjaannya melakukan perhitungan aritmatika, dengan atau tanpa alat bantu, tetapi arti kata ini kemudian dipindahkan kepada mesin itu sendiri. Asal mulanya, pengolahan informasi hampir seluruhnya eksklusif yang berhubungan dengan masalah aritmatika, tetapi komputer modern dipakai untuk banyak tugas yang tidak berhubungan dengan matematika.

Secara luas, Komputer dapat didefinisikan sebagai suatu peralatan elektronik yang terdiri dari beberapa komponen, yang dapat bekerja sama antara komponen satu dengan yang lain untuk menghasilkan suatu informasi berdasarkan program dan data yang ada. Adapun komponen komputer adalah meliputi : Layar Monitor, CPU, Keyboard, Mouse dan Printer (sebagai media pelengkap).

Dalam definisi seperti itu terdapat alat seperti slide rule, jenis kalkulator mekanik mulai dari abakus dan seterusnya, sampai semua komputer elektronik yang kontemporer. Istilah lebih baik yang cocok untuk arti luas seperti “komputer” adalah “sistem yang memproses informasi” atau “sistem pengolah informasi.”

Komputer saat ini adalah hasil evolusi panjang dari komputer zaman dahulu, yang mulanya adalah alat mekanik dan elektronik. Berikut ini contoh penemuan alat hitung.

A. Abacus

Abacus

Sempoa atau Abacus adalah alat kuno untuk penghitungan yang terbuat dari rangka kayu dengan sederetan poros yang berisi manik - manik yang bisa di geser. Alat ini digunakan untuk melakukan operasi aritmatika seperti penjumlahan, pengurangan, perkalian pembagian dan akar kuadrat.Muncul sekitar 5.000 Tahun yang lalu di cina dan masih digunakan di beberapa tempat hingga saat ini. Abacus dapat dianggap sebagai awal mula mesin komputasi (penghitungan). Penggunanya melakukan perhitungan dengan menggunakan biji - bijian geser yang diatur pada sebuah rak. Para pedagang di masa itu menggunakan abacus untuk menghitung transaksi perdagangan. Seiring dengan munculnya pensil dan kertas, abacus kehilangan popularitasnya.

B. Mesin Buatan Charles Babbage

Mesin Differensial

Banyaknya kesalahan perhitungan dengan manual menginspirasikan seorang ilmuan yaitu Charles Babbage untuk menemukan mesin hitung mekanik sehingga dapat mengurangi kesalahan perhitungan. mesin mekanik sangat baik dalam mengerjakan tugas yang sama berulang kali tanpa kesalahan. sedangkan matematika membutuhkan repetisi sederhana dari suatu langkah - langkah tertentu. Masalah tersebut kemudian berkembang hingga menempatkan mesin mekanik. Kemudian babbage mendapat inspirasi dari perkembangan mesin hitung yang dikerjakanoleh wilhem Schickard, blaise pascal, dan gottfried leibniz. Charles Babbage mengusulkan suatu mesin untuk melakukan perhitungan persamaan differensial yang muncul pada tahun 1822. Mesin tersebut dinamakan mesin differensial. Dengan menggunakan tenaga uap, mesin tersebut dapat menyimpan program dan dapat melakukan kalkulasi serta mencetak hasilnya secara otomatis. Setelah bekerja dengan mesin differensial selama sepuluh tahun, beliau terinspirasi untuk memulai membuat komputer generasi purpose (multifungsi) pertama, yang di sebut analitycal engine.Atas sumbangan penemuan yang sangat besar ini maka Charles Babbage disebut bapak komputer modern.

C. Mesin Analitik (Analitical Engine)

Mesin Analitik

Setelah Penemuan oleh bapak Charles Babbage, tidak ada penemuan baru yang dianggap berarti terhadap perkembangan dunia komputer. Sampai dengan munculnya ilmuan bernama Howard H.Aiken (1900-1973), seorang insinyur Harvard yang bekerja dengan IBM, berhasil memproduksi kalkulator elektronik untuk untuk US Navy. Kalkulator tersebut berukuran panjang setengah lapangan bola kaki dan memiliki rentang kabel sepanjang 500 mil.

Saat ini, komputer sudah semakin canggih. Tetapi, sebelumnya komputer tidak sekecil, secanggih, sekeren dan seringan sekarang. Dalam sejarah komputer, berikut terdapat 5 generasi dalam sejarah evolusi komputer.

1. Komputer Generasi Pertama

Komputer ini memiliki karakteristik bahwa setiap komputer memiliki kode biner yang berbeda yang disebut “bahasa mesin” (machine language). Hal ini menyebabkan komputer sulit untuk diprogram. Pada masa ini komputer berawal dari tube vakum yang membuat komputer berukuran sangat besar.

Pada tahun 1941, Konrad Zuse seorang insinyur Jerman membangun komputer Z3 yang digunakan untuk mendesain pesawat terbang dan peluru kendali.

komputer Z3

Komputer Z3 

Pada tahun 1943, pihak sekutu Inggris membuat komputer Colossus yang digunakan untuk memecahkan kode rahasia Jerman.

Komputer Colossus

Komputer Colossus 

Kemajuan lain dicapai oleh Amerika Serikat. Howard H. Aiken, seorang insinyur Harvard University yang bekerja di IBM berhasil membuat kalkulator elektronik untuk US Navy yaitu The Harvard-IBM Automatic Sequence Controlled Calculator atau Mark I, digunakan untuk melakukan perhitungan aritmatika dasar. Mesin ini beroperasi sangat lambat, membutuhkan waktu 3-5 detik untuk melakukan satu kali perhitungan.

Komputer Mark 1

Komputer Mark 1 

Perkembangan lain pada masa komputer generasi pertama adalah Electronic Numerical Integrator and Computer (ENIAC). ENIAC dirancang oleh pemerintah Amerika Serikat dan University of Pennsylvania terdiri dari 18.000 tube vakum, 70.000 resistor, dan 5 juta titik soldier. ENIAC berukuran sangat besar dan mengkonsumsi daya sebesar 160kW.

Komputer Eniac

Komputer Eniac 

Pada tahun 1940 John von Neumann bergabung dengan University of Pennsylvania. Dan pada tahun 1945 John von Neumann mendesain Electronic Discrete Variable Automatic Computer (EDVAC) yang digunakan untuk menampung program dan data. Kunci utama arsitektur Von Neumann adalah Central Processing Unit (CPU) yang berfungsi mengkoordinasi seluruh komponen ke satu sumber.

Komputer Edvac

Komputer Edvac 

Pada tahun 1951, Ramington Rand mendesain UNIVAC 1 (Universal Automatic Computer 1) dan menjadi komputer komersial pertama yang menggunakan arsitektur Von Neumann.

Komputer Univac

Komputer Univac 

Transistor memang dapat mengungguli Tube Vakum dalam berbagai hal. Namun transistor dapat menghasilkan panas yang cukup besar, yang berpotensi merusak komponen-komponen komputer. Pada tahun 1958, Jack Kilby seorang insinyur Texas Instrument mengembangkan sirkuit terintegrasi (IC: Integrated Circuit). Komputer dengan IC (Integrated Circuit) menjadi semakin kecil karena komponen-komponen dipadatkan dalam satu chip. Panas yang dihasilkan juga tidak besar seperti transistor. Dapat disimpulkan bahwa IC dapat menggantikan transistor.

2. Komputer Generasi Kedua

Memiliki ciri menggantikan bahasa mesin dengan bahasa assembly. Bahasa Assembly adalah bahasa yang menggunakan singkatan-singkatan untuk menggantikan kode biner. Ciri lain adalah penemuan transistor yang menggantikan tube vakum.

Bahasa Assembly

Bahasa Assembly

Pada tahun 1948 penemuan transistor sangat mempengaruhi komputer. Transistor dapat menggantikan tube vakum yang ada di tv, radio, dan komputer.

Transistor

Transistor 

Penemuan lain berupa pengembangan memori inti-magnetik membantu perkembangan komputer generasi kedua yang lebih kecil, lebih cepat, lebih cepat diandalkan dan lebih hemat energi dari pendahulunya. Mesin pertama yang memanfaatkan teknologi baru ini adalah superkomputer.

IBM membuat superkomputer bernama Stretch. Sprery-Rand membuat komputer bernama LARC. Komputer-komputer ini dikembangkan untuk laboratorium energi atom.

IBM Stretch

IBM Stretch 

Beberapa bahasa pemrograman mulai bermunculan saat itu. Common Business-Oriented Language (COBOL) dan Formula Translator (FORTRAN) mulai umum digunakan. Berbagai macam karir baru bermunculan (programmer, system analyst, dan ahli komputer). Industri perangkat lunak komputer juga banyak bermunculan dan berkembang pada masa komputer generasi kedua.

3. Komputer Generasi Ketiga

Pada masa sebelumnya transistor memang dapat mengungguli Tube Vakum dalam berbagai hal. Namun transistor dapat menghasilkan panas yang cukup besar, yang berpotensi merusak komponen-komponen komputer. Pada tahun 1958, Jack Kilby seorang insinyur Texas Instrument mengembangkan sirkuit terintegrasi (IC: Integrated Circuit). Komputer dengan IC (Integrated Circuit) menjadi semakin kecil karena komponen-komponen dipadatkan dalam satu chip. Panas yang dihasilkan juga tidak besar seperti transistor. Dapat disimpulkan bahwa IC dapat menggantikan transistor.

Integrated Circuit

Integrated Circuit 

Perkembangan lain di generasi ketiga ini adalah penggunaan Sistem Operasi yang memungkinkan mesin untuk menjalankan berbagai program yang berbeda secara serentak dengan sebuah program utama yang memonitor dan mengkoordinasi memori komputer.

DOS Operating System

DOS Operating System 

4. Komputer Generasi Keempat

Chip Intel 4004 yang dibuat pada tahun 1971 membawa kemajuan pada IC dengan meletakkan seluruh komponen dari sebuah komputer (central processing unit, memori, dan kendali input/output) dalam sebuah chip yang sangat kecil. Sebelumnya, IC dibuat untuk mengerjakan suatu tugas tertentu yang spesifik. Sekarang, sebuah mikroprosesor dapat diproduksi dan kemudian diprogram untuk memenuhi seluruh kebutuhan yang diinginkan. Tidak lama kemudian, setiap piranti rumah tangga seperti microwave, oven, televisi, dan mobil dengan electronic fuel injection (EFI) dilengkapi dengan mikroprosesor.

Intel 4004

Intel 4004 

Komputer tidak lagi menjadi dominasi perusahaan-perusahaan besar atau lembaga pemerintah. Pada pertengahan tahun 1970-an, perakit komputer menawarkan produk komputer mereka ke masyarakat umum. Komputer-komputer ini, yang disebut minikomputer, dijual dengan paket piranti lunak yang mudah digunakan oleh kalangan awam. Piranti lunak yang paling populer pada saat itu adalah program word processing dan spreadsheet. Pada awal 1980-an, video game seperti Atari 2600 menarik perhatian konsumen pada komputer rumahan yang lebih canggih dan dapat diprogram.

Atari 2600


Atari 2600 

Pada tahun 1981, IBM memperkenalkan penggunaan Personal Computer (PC) untuk penggunaan di rumah, kantor, dan sekolah. Jumlah PC yang digunakan melonjak dari 2 juta unit pada tahun 1981 menjadi 5,5 juta unit pada tahun 1982. Sepuluh tahun kemudian, 65 juta PC digunakan. Komputer melanjutkan evolusinya menuju ukuran yang lebih kecil, dari komputer yang berada di atas meja (desktop komputer) menjadi komputer yang dapat dimasukkan ke dalam tas (laptop), atau bahkan komputer yang dapat digenggam (palmtop).

IBM PC

IBM PC 

5. Komputer Generasi Kelima

Mendefinisikan komputer generasi kelima menjadi cukup sulit karena tahap ini masih sangat muda. Contoh imajinatif komputer generasi kelima adalah komputer fiksi HAL9000 dari novel karya Arthur C. Clarke berjudul 2001: Space Odyssey. HAL menampilkan seluruh fungsi yang diinginkan dari sebuah komputer generasi kelima. Dengan kecerdasan buatan (artificial intelligence atau AI), HAL dapat cukup memiliki nalar untuk melakukan percapakan dengan manusia, menggunakan masukan visual, dan belajar dari pengalamannya sendiri.

HAL 9000

HAL 9000 

Walaupun mungkin realisasi HAL9000 masih jauh dari kenyataan, banyak fungsi-fungsi yang dimilikinya sudah terwujud. Beberapa komputer dapat menerima instruksi secara lisan dan mampu meniru nalar manusia. Kemampuan untuk menterjemahkan bahasa asing juga menjadi mungkin. Fasilitas ini tampak sederhana. Namun fasilitas tersebut menjadi jauh lebih rumit dari yang diduga ketika programmer menyadari bahwa pengertian manusia sangat bergantung pada konteks dan pengertian ketimbang sekedar menterjemahkan kata-kata secara langsung.

Banyak kemajuan di bidang desain komputer dan teknologi yang semakin memungkinkan pembuatan komputer generasi kelima. Dua kemajuan rekayasa yang terutama adalah kemampuan pemrosesan paralel, yang akan menggantikan model non Neumann. Model non Neumann akan digantikan dengan sistem yang mampu mengkoordinasikan banyak CPU untuk bekerja secara serempak. Kemajuan lain adalah teknologi superkonduktor yang memungkinkan aliran elektrik tanpa ada hambatan apapun, yang nantinya dapat mempercepat kecepatan informasi.

Jepang adalah negara yang terkenal dalam sosialisasi jargon dan proyek komputer generasi kelima. Lembaga ICOT (Institute for new Computer Technology) juga dibentuk untuk merealisasikannya. Banyak kabar yang menyatakan bahwa proyek ini telah gagal, namun beberapa informasi lain bahwa keberhasilan proyek komputer generasi kelima ini akan membawa perubahan baru paradigma komputerisasi di dunia.

Artificial Intelligence

Rencana masa depan komputer generasi ke lima adalah komputer yang telah memiliki Artificial Intelligence (AI). Sehingga komputer di masa depan dapat memberikan respon atas keinginan manusia secara otomatis dan atas kemauan mesin itu sendiri.
Referensi Artikel & Gambar:
http://id.wikipedia.org/wiki/Sejarah_perkembangan_komputer
http://axlinsaahmad.wordpress.com/2014/07/01/evolusi-atau-generasi-dan-kinerja-komputer
http://earthxxii.deviantart.com
http://dosen.narotama.ac.id/wp-content/uploads/2012/01/EVOLUSI-PERKEMBANGAN-TEKNOLOGI-INFORMASI.pdf (E-Book)
https://dinuantz.files.wordpress.com/2010/01/makalah-evolusi-dan-kinerja-komputer1.doc (E-Book)
Bagikan:

Related Post