Lazada IndonesiaLazada Indonesia

Analisa Website Dengan Alexa Rank

Alexa Rank merupakan suatu sistem peringkat yang berdasar kepada skema peringkat dari traffic dalam setiap website untuk menerima dari jumlah orang yang mengunjungi situs web tersebut. Peringkat traffic pengunjung website alexa didasarkan pada traffic aggregat historis selama tiga bulan dari jutaan lebih pengguna dan merupakan gabungan pageviews (penayangan laman web) dan reach (pencarian mengenai web).

Cara Menggunakan Analisis Alexa Rank


Alexa Rank

Langkah-langkahnya sebagai berikut.

a. Kunjungi websitenya terlebih dahulu yakni www.alexa.com.
b. Kemudian isilah kolom atau ketik alamat website seperti pada gambar diatas dengan alamat website yang dikehendaki, contohnya pada aritikel ini akan menganalisis web: http://jabarprov.go.id.
c. Setelah itu klik "Go", maka akan secara otomatis alexa akan menampilkan data - data misalnya global rank, traffic, page views. dan lain sebagainya dari website yang kita isi atau ketikkan sebelumnya pada kolom tersebut.

Hasil Analisis Alexa Rank Pada Website

Berikut adalah hasil data-data dari analisis sistem alexa terhadap website yang telah diinputkan.

Pageviews Alexa Rank

1. Pada gambar diatas menjelaskan bahwa data popularitas dari website http://jabarprov.go.id. Peringkatnya diperhitungkan dengan menggunakan kombinasi dari rata-rata pengunjung per hari, dan pageviews selama tiga bulan ke belakang, website yang memiliki kombinasi jumlah pengunjung dan pageviews tertinggi akan diberi peringkat Global Rank #1. Pada website http://jabarprov.go.id saat ini memiliki peringkat global 85.333 yang artinya peringkat dunia dari semua website, dan memiliki peringkat 1,163 di Indonesia. Pada bagian bawah terdapat bounce ratenya dengan persentase 38%, bounce rate yaitu suatu nilai dalam persentase yaitu jumlah pengunjung yang langsung meninggalkan blog / website anda setelah membuka sebuah halaman. Lalu disamping kanan terdapat daily pageviews per visitor dengan angka 3.45% dengan maksud bahwa rata rata visitor tiap harinya adalah 3.45. Kemudian daily time on sitenya 5:32 adalah waktu lama pengunjung tiap harinya mengunjungi website tersebut.

Visitors Web

2. Kemudian pada gambar diatas menjelaskan bahwa sebagian besar pengunjung http://jabarprov.go.id  sekitar 98,4% berasal dari indonesia. dan memiliki peringkat 1,163 dari website-website lainnya di Indonesia.

Visitors Come From

3. Data pada gambar diatas merupakan hasil analisis terhadap website http://jabarprov.go.id kini di setiap harinya di dunia yang telah mencari di berbagai search engine dengan keyword yang paling sering digunakan dalam pencarian web tersebut. Dalam website tersebut memiliki ersentase 27.60%.

Upstream Sites

4. Lalu pada gambar diatas merupakan analisis terhadap beberapa situs dengan banyaknya pengunjung yang berbeda yang sebelum mengunjungi website http://jabarprov.go.id.

Sites Link

5. Pada gambar diatas adalah data jumlah website lain yang me link ke website tersebut. Jika ada beberapa link ke website yang sama maka hanya akan dihitung satu kali. Website http://jabarprov.go.id memiliki total 1,447 link yang tercantum pada website lainnya.

Visitors and Fast Load Web

6. Data analisis tersebut merupakan persentase banyaknya pengunjung yang mengunjungi domain ataupun subdomain dari website http://jabarprov.go.id. Pada bagian bawah merupakan hasil kecepatan akses situs http://jabarprov.go.id dengan waktu yang lumayan cepat dan bernilai average.

Kelebihan & Kekurangan Pada Alexa Rank

a. Kelebihan Alexa Rank
Alexa dapat meganalisis data visitor dan traffic terhadap suatu website dengan lengkap. Kemudian alexa juga dapat mendorong orang-orang tertarik yang melihatnya untuk memasang toolbarnya dan membayar berbagai macam fasilitas berbayar untuk menaikkan alexa rank dan pageviews. Lalu pada alexa terdapat manajemen yang lengkap dalam pengelolaan data visitor dan trafficnya. dan juga memiliki tampilan situs yang minimalis dan mudah untuk diakses.

b. Kekurangan Alexa Rank
Peringkat Alexa sangat condong kepada audience teknologi karena audience tech savvy, termasuk juga orang-orang internet marketer biasanya harus meng-install Alexa Toolbar pada browser mereka.

Banyak yang mengindikasikan bahwa Alexa adalah metode yang tidak akurat untuk mengukur reach dari website, traffic dan potensi dari website dan Alexa adalah cara konyol untuk mengukur traffic tetapi sayangnya, di dunia yang tidak sempurna.

Untuk menganalisis data yang lebih lengkap terhadap situs yang dikehendaki harus membayar sejumlah uang sebesar biaya tertentu sesuai dengan data yang ingin dicari lebih lengkapnya.
Bagikan:

Related Post