Lazada IndonesiaLazada Indonesia

Analisis Website Pemerintahan Jawa Barat

Jawa Barat


Pada kesempatan kali ini, saya akan memberikan pendapat saya mengenai website pemerintahan yang saya analisis yaitu website yang beralamatkan http:\\jabarprov.go.id, pada websitenya tersebut difungsikan sebagai sumber informasi mengenai seluruh informasi mengenai Jawa Barat seperti artikel-artikel yang memuat tentang berita di daerah seputar jawa barat, memberikan informasi beberapa program kerja yang akan dan sedang dijalankan, informasi agenda, menampilkan beberapa foto atau cuplikan beberapa video mengenai pemerintah jawa barat dan berbagai macam kegiatanya dalam hal sumber daya manusia dan sumber daya alamnya, dan memberikan beberapa info tentang Jawa Barat secara detail dan juga beberapa prestasi yang telah dicapai. Kemudian berikut adalah Visi & Misi Pemerintahan Provinsi Jawa Barat.

Visi Provinsi Jawa Barat

Berdasarkan kondisi sampai dengan saat ini dan tantangan yang akan dihadapi dalam 20 tahun mendatang serta dengan mempertimbangkan modal dasar yang dimiliki, maka Visi Pembangunan Provinsi Jawa Barat adalah :

“DENGAN IMAN DAN TAKWA, PROVINSI JAWA BARAT TERMAJU DI INDONESIA”


Pernyataan Visi Pembangunan Provinsi Jawa Barat di atas, memiliki makna :

1. Iman dan Takwa sebagai landasan dalam melaksanakan aktivitas guna pencapaian visi dan misi yang ditetapkan melalui pengamalan ajaran agama. Pengamalan ajaran agama secara konsisten dalam kehidupan bermasyarakat akan mewujudkan situasi yang kondusif untuk melaksanakan pembangunan daerah.

2. Provinsi Jawa Barat Termaju di Indonesia dimaksudkan sebagai provinsi yang memiliki berbagai keunggulan dibandingkan dengan provinsi lain di Indonesia. Keunggulan tersebut ditunjukkan dalam semua aspek kehidupan terutama aspek sumberdaya manusia, ekonomi, pemerintahan, sosial, budaya dan lingkungan hidup.

Indikasi terwujudnya pencapaian Visi Pembangunan Provinsi Jawa Barat ditandai dengan :

a. Provinsi termaju dalam aspek sumberdaya manusia ditunjukkan dengan masyarakat yang berakhlak mulia, sehat, cerdas dan produktif, menguasai ilmu pengetahuan dan teknologi serta mampu memainkan peran dan fungsi sebagai subjek dan objek dalam pembangunan yang berkelanjutan. Masyarakat Jawa Barat juga merupakan masyarakat yang memiliki jatidiri yang kuat dan mandiri serta mampu bersaing dalam kehidupan sehingga menjadi potensi yang memiliki kapabilitas untuk memenuhi pasar kerja lokal, nasional, dan internasional. 

b. Provinsi termaju dalam aspek ekonomi ditunjukkan dengan penciptaan struktur ekonomi yang tangguh, pertumbuhan ekonomi yang bernilai tambah tinggi, pemerataan hasil-hasil pembangunan ekonomi di seluruh wilayah Jawa Barat, serta mampu bersaing dalam percaturan global. Kemajuan dalam pembangunan ekonomi sangat ditentukan oleh kemampuan daerah untuk memanfaatkan berbagai potensi yang dimiliki, keberadaan sumberdaya manusia pengelola yang berkualitas, kemitraan yang saling menguntungkan dalam lingkup regional, nasional dan internasional yang difokuskan pada 4 (empat) bisnis utama yaitu industri manufaktur, pertanian, pariwisata, dan energi. Perekonomian yang maju didukung oleh penyediaan infrastruktur yang memadai dan berkualitas serta pemanfaatan ruang dan pengelolaan sumberdaya alam secara rasional, efisien dan berkelanjutan.

c. Provinsi termaju dalam aspek pemerintahan ditunjukkan dengan kondisi demokrasi yang berkualitas, yaitu penerimaan seluruh masyarakat terhadap demokrasi dalam berbangsa dan bernegara, didukung oleh tertib sosial, penegakan hukum yang konsisten dan peraturan daerah yang mendorong peningkatan kinerja pemerintahan, profesionalisme aparatur, pelayanan publik, akuntabilitas dan transparansi sehingga terwujud pemerintahan yang telah mampu menerapkan tata kelola kepemerintahan yang baik (good governance) dan pemerintahan yang bersih (clean government).

d. Provinsi termaju dalam aspek sosial dan budaya ditunjukkan dengan kestabilan politik, meningkatnya derajat kehidupan sosial masyarakat, terjaminnya keamanan dan ketertiban, pengamalan ajaran agama secara konsisten, terwujudnya kerukunan hidup antar umat beragama serta pelestarian dan pengamalan nilai-nilai luhur budaya daerah yang mampu menjawab tantangan masa depan yang sangat dinamis. 

e. Provinsi termaju dalam aspek lingkungan hidup ditunjukkan dengan diterapkannya pengarusutamaan pembangunan berkelanjutan (sustainable development) yang ditandai oleh tingginya daya dukung lingkungan, rendahnya tingkat kerusakan dan pencemaran lingkungan, lestarinya pemanfaatan sumberdaya alam yang terbarukan maupun tak terbarukan serta tingginya peran serta masyarakat dalam pengelolaan sumberdaya alam dan pelestarian lingkungan hidup sehingga terjadi keadilan inter dan antar generasi.

Visi Pembangunan Provinsi Jawa Barat jangka panjang dilakukan dengan menerapkan prinsip-prinsip stabilitas yang mantap, pertumbuhan yang tinggi, pemerataan yang berkeadilan serta pembangunan yang berkelanjutan. Prinsip stabilitas yang mantap ditunjukkan dengan terciptanya ketentraman dan ketertiban masyarakat di seluruh wilayah Jawa Barat, konsistennya penegakan hukum serta rendahnya gejolak di masyarakat yang berpotensi menghambat laju pembangunan daerah.

Prinsip pertumbuhan yang bernilai tambah tinggi menekankan pada tingginya produktivitas seluruh faktor produksi (total factor productivity) masyarakat Jawa Barat. Prinsip ini tidak menghilangkan pentingnya pertumbuhan tinggi yang ditunjukkan dengan tingginya produk domestik regional bruto, tingginya laju pertumbuhan ekonomi, tingginya produktivitas masyarakat Jawa Barat, tingginya investasi dalam pembangunan daerah baik investasi dalam negeri, investasi asing maupun investasi masyarakat, tingginya nilai ekspor Jawa Barat serta terkendalinya inflasi, tetapi juga menekankan pentingnya peningkatan peran sumberdaya manusia berkualitas serta kemandirian teknologi.

Prinsip pemerataan yang berkeadilan ditunjukan dengan pemerataan pembangunan dalam setiap sektor pembangunan, seluruh wilayah Jawa Barat serta seluruh kelompok dan lapisan masyarakat. Pemerataan pembangunan juga dimaksudkan dengan meningkatkan pembangunan di wilayah tertinggal dan wilayah perbatasan untuk mengurangi disparitas pembangunan antarwilayah. Prinsip pembangunan berkelanjutan ditunjukan dengan terciptanya orientasi pembangunan daerah yang mempertimbangkan kebutuhan hidup generasi yang akan datang, pendayagunaan sumberdaya alam dan sumberdaya buatan secara bijaksana serta terwujudnya pola konsumsi masyarakat yang hemat dan proporsional.

Misi Provinsi Jawa Barat

Upaya perwujudan visi pembangunan jangka panjang Provinsi Jawa Barat tersebut akan dicapai melalui 5 (lima) misi pembangunan jangka panjang Jawa Barat sebagai berikut:

a. Misi Satu  
Mewujudkan kualitas kehidupan masyarakat yang berbudaya ilmu dan teknologi, produktif dan berdaya saing adalah membangun sumber daya manusia yang sehat jasmani, rohani dan sosial, memiliki tingkat pendidikan dan kompetensi yang tinggi, memiliki daya saing, memiliki akhlak mulia, dan menjunjung nilai-nilai luhur agama dan budaya, serta memiliki akses terhadap pendidikan dan pelayanan masyarakat yang berkualitas, terpadu, adil dan merata di seluruh lapisan masyarakat;

b. Misi Dua
Meningkatkan perekonomian yang berdaya saing dan berbasis potensi daerah adalah mengembangkan dan memperkuat perekonomian regional yang berdaya saing global dan berorientasi pada keunggulan komparatif, kompetitif dan kooperatif dengan berbasis pada segenap potensi yang ada di daerah, untuk mewujudkan pemenuhan kebutuhan dasar masyarakat, pertumbuhan yang tinggi, dan pemerataan yang berkeadilan. Perkembangan ekonomi regional didukung oleh penyediaan infrastruktur yang memadai, tenaga kerja yang berkualitas dan produktif, serta regulasi yang mendukung penciptaan iklim investasi yang kondusif.

c. Misi Tiga
Mewujudkan lingkungan hidup yang asri dan lestari adalah mengelola sumber daya alam dan lingkungan hidup secara berkelanjutan, menjaga fungsi dan daya dukung lingkungan, serta menjaga keseimbangan pemanfaatan ruang yang serasi antara kawasan lindung dan budidaya, dan antara kawasan perkotaan dan kawasan perdesaan.

d. Misi Empat
Mewujudkan tata kelola kepemerintahan yang baik adalah meningkatkan kesadaran akan hak dan kewajiban, meningkatkan partisipasi masyarakat, membangun akuntabilitas kepemerintahan yang bertanggung jawab, bebas korupsi, kolusi dan nepotisme (KKN), peningkatan efisiensi birokrasi, kemitraan yang serasi antarlegislatif dengan eksekutif, dan penciptaan stabilitas politik dan konsistensi dalam penegakan hukum.

e. Misi Lima 
Mewujudkan pemerataan pembangunan yang berkeadilan adalah mengurangi kesenjangan sosial secara menyeluruh, meningkatkan keberpihakan kepada daerah tertinggal, menanggulangi kemiskinan dan pengangguran, menyediakan akses yang sama bagi masyarakat terhadap berbagai pelayanan sosial serta sarana dan prasarana dasar, serta menghilangkan diskriminasi dalam berbagai aspek.

Keunggulan & Kekurangan Website Provinsi Jawa Barat


Website Pemerintahan Provinsi Jawa Barat


a. Keunggulan Website
Menurut saya, pada website jabarprov.go.id memiliki beberapa keunggulan dari website pemerintahan lainnya yaitu mudah dan cepat untuk diakses baik itu melalui komputer/PC ataupun melalui smartphone. Domain websitenya pun sudah go.id. Memiliki laman khusus pengelola email khusus. Desain tampilan yang dimilikinya pun terlihat simple, menarik, dan juga mudah untuk dibaca disertai dengan gambar yang sangat bagus untuk dipandang mata mengenai beberapa kegiatan pemerintahan di jawa barat. Selain itu pada website tersebut memiliki desain yang responsive, yang dapat diakses dengan tampilan web sesuai dengan lebar layar perangkat yang digunakan sehingga terlihat begitu cocok dan elegan untuk website pemerintahan khususnya. Pada website ini juga menyediakan berbagai layanan seperti live streaming, memberikan info kondisi geografis, menyediakan artikel secara ter-update, dan beberapa layanan lainnya yang dibutuhkan. Pada website ini terdapat beberapa subdomain yang sering dikunjungi dan memiliki fungsinya masing-masing tiap laman subdomain, url subdomainnya yakni :

1. disparbud.jabarprov.go.id 
2. diperta.jabarprov.go.id 
3. bppt.jabarprov.go.id 
4. mail.jabarprov.go.id 
5. lpse.jabarprov.go.id 

b. Kekurangan Website
Menurut saya, pada website jabarprov.go.id memiliki sedikit kekurangan yakni font yang dipakai dalam website tersebut agak berukuran kecil dan jenis fontnya sedikit kurang begitu menarik. Efek menu yang sedikit mengganggu, dan masih memiliki beberapa kesalahan css dan html menurut w3c.org yakni http://jigsaw.w3.org/css-validator/validator?uri=http://jabarprov.go.id dan http://validator.w3.org/check?uri=http://jabarprov.go.id.

Maaf jika terdapat kesalahan penulisan kata dan sebagainya mohon untuk dimaafkan dan dikomentari untuk perbaikannya.
Bagikan:

Related Post