Lazada IndonesiaLazada Indonesia

Pengertian Web & Jaringan Internet

Pengertian Web

Situs web (website) adalah suatu halaman web yang saling berhubungan yang umumnya berisikan kumpulan informasi yang disediakan secara perorangan, kelompok, atau organisasi. Sebuah situs web biasanya ditempatkan setidaknya pada sebuah server web yang dapat diakses melalui jaringan seperti Internet, ataupun jaringan wilayah lokal (LAN) melalui alamat Internet yang dikenali sebagai URL.

Gabungan atas semua situs yang dapat diakses publik di internet disebut pula sebagai World Wide Web atau lebih dikenal dengan singkatan WWW. Meskipun setidaknya halaman beranda situs Internet umumnya dapat diakses publik secara bebas, pada prakteknya tidak semua situs memberikan kebebasan bagi publik untuk mengaksesnya, beberapa situs web mewajibkan pengunjung untuk melakukan pendaftaran sebagai anggota, atau bahkan meminta pembayaran untuk dapat menjadi anggota untuk dapat mengakses isi yang terdapat dalam situs web tersebut, misalnya situs-situs yang menampilkan pornografi, situs-situs berita, layanan surel (e-mail), dan lain-lain. Pembatasan-pembatasan ini umumnya dilakukan karena alasan keamanan, menghormati privasi, atau karena tujuan komersil tertentu.

Pada sebuah halaman web merupakan berkas yang ditulis sebagai berkas teks biasa (plain text) yang diatur dan dikombinasikan sedemikian rupa dengan instruksi-instruksi berbasis HTML, atau XHTML, kadang-kadang pula disisipi dengan sekelumit bahasa skrip. Berkas tersebut kemudian diterjemahkan oleh peramban web dan ditampilkan seperti layaknya sebuah halaman pada monitor komputer.

Web juga termasuk sistem informasi yang mendukung interaksi pengguna melalui antarmuka berbasis web. Fitur-fitur aplikasi web biasanya berupa data persistence, mendukung komposisi halaman web yang dinamis dan dapat dipertimbangkan sebagai hibridisasi, antara hypermedia dan sistem informasi. Web adalah bagian dari client-side yang dapat dijalankan oleh web browser. Client-side mempunyai tanggung jawab untuk pengeksekusian proses.

Cara Kerja Web (Website)

Interaksi web dibagi ke dalam tiga langkah, yaitu:

a. Permintaan
Pengguna mengirimkan permintaan ke server web, biasanya via halaman web yang ditampilkan pada browser web.

b. Pemrosesan
Server web menerima permintaan yang dikirimkan oleh pengguna, kemudian memproses permintaan tersebut.

c. Jawaban
Browser menampilkan hasil dari permintaan pada jendela browser.

Halaman web bisa terdiri dari beberapa jenis informasi grafis (tekstual dan multimedia). Kebanyakan komponen grafis dihasilkan dengan tool khusus, menggunakan manipulasi langsung dan semacam khusus editornya.

Halaman web dapat dibuat dengan menggunakan berbagai program agar dapat menampilkan suatu informasi di dalam browser (misalnya, Java atau PHP). Pembangunan aplikasi web membutuhkan beberapa kualifikasi yang berbeda. Biasanya dalam pembangunan web akan memegang peranan berikut:

1. Pemasaran, untuk menetapkan target pengunjung web dan konten untuk diserahkan.
2. Perancang grafis, untuk menetapkan tampilan visual (meliputi tata letak halaman, huruf, warna, gambar, dan film).
3. Integrator HTML, untuk mengembangkan halaman HTML.
4. Pemrogram, untuk menulis program (di dalam java, PHP atau Bahasa pemrograman lainnya, yang dapat dikombinasikan dengan HTML).
5. Penulis konten, Untuk membuat aplikasi dengan informasi agar bernilai tambah.

Halaman-halaman sebuah situs web (website) diakses dari sebuah URL yang menjadi “akar” ( root ), yang disebut homepage (halaman induk; sering diterjemahkan menjadi “beranda”, “halaman muka”), URL ini mengatur web page untuk menjadi sebuah hirarki, meskipun hyperlink-hyperlink yang ada di halaman tersebut mengatur para pembaca dan memberitahu mereka susunan keseluruhan dan bagaimana arus informasi ini berjalan.

Sebuah web page adalah dokumen yang ditulis dalam format HTML (Hyper Text Markup Language), yang hampir selalu bisa diakses melalui HTTP, yaitu protokol yang menyampaikan informasi dari server website untuk ditampilkan kepada para pemakai melalui web browser. Sebagai tambahan untuk meningkatkan aspek keamanan dan aspek privasi yang lebih baik, situs web dapat pula mengimplementasikan mekanisme pengaksesan melalui protokol HTTPS.

Semua publikasi dari website-website tersebut dapat membentuk sebuah jaringan informasi yang sangat besar. Web page layaknya sebuah buku yang dapat menampung berbagai informasi tentang banyak hal baik bersifat komersil maupun non komersil. Melalui media web inilah seseorang dapat memberikan informasi tertentu kepada orang lain yang berada di seluruh dunia.

Supaya bisa berkomunikasi dengan semua komputer yang tersambung ke Internet, digunakan sebuah protokol komunikasi yang menggunakan TCP/IP (Transmission control protocol/Internet Protocol). Setiap komputer yang terhubung ke Internet mempunyai sebuah alamat, misalnya 192.168.14.96. Untuk memperoleh informasi atau data di Internet, kita dapat mengaksesnya dengan mengetikkan suatu alamat web pada address bar. Alamat suatu situs di Internet disebut nama domain. Jadi nama domain adalah alamat permanen situs didunia Internet yang digunakan untuk mengidentifikasikan sebuah situs. Dengan kata lain Domain Name adalah alamat yang digunakan untuk menemukan suatu situs pada Internet.

Kaitannya dengan protokol komunikasi TCP/IP, nama domain dapat diibaratkan seperti buku telepon, kita menggunakan sebuah nomor untuk memanggil seseorang. misalnya ketika kita mengekses situs www.wikipedia.com maka penjelajah web Internet Explorer akan menghubungi sebuah IP misalnya 202.68.0.134.

URL (Uniform Resource Locator)

URL adalah Uniform Resource Locator, yaitu cara penamaan alamat file di Internet. URL merupakan serangkaian karakter (dapat berupa huruf, angka, ataupun simbol) yang sesuai dengan format standar yang sudah ditentukan, URL digunakan untuk menunjukkan alamat/ address suatu sumber yang ada. URL biasa disebut dengan nama domain, contohnya http://www.ensiklopedia.com. URL diciptakan pertama kalinya oleh Tim Berners-Lee yaitu pada tahun 1991.

URL adalah singkatan dari uniform resource locators yang berarti suatu “pathname” untuk mengidentifikasi sebuah dokumen di web. Di dalam URL terdapat informasi nama mesin/host (dalam hal ini komputer) yang akan diakses, nama dokumen beserta logical pathnamenya serta jenis protokol yang akan digunakan untuk melakukan akses ke web.

Pengertian URL (uniform resource locator) adalah rangkaian karakter menurut suatu format standar tertentu, yang digunakan untuk menunjukkan alamat suatu sumber seperti dokumen dan gambar di Internet. URL pertama kali diciptakan oleh Tim Berners-Lee pada tahun 1991 agar penulis-penulis dokumen dokumen dapat mereferensikan pranala ke World Wide Web. Sejak 1994, konsep URL telah dikembangkan menjadi istilah Uniform Resource Identifier (URI) yang lebih umum sifatnya.

Contoh dari URL adalah sebagai berikut:

http://www.kamu-info.web.id

URL mempunyai beberapa bagian penting, di antaranya yaitu:

1. Protokol
Tanpa adanya protocol yang tepat maka kita tidak akan dapat mengakses URL, contoh protokol yaitu: http://, https://, ftp://

2. Alamat Server Penyedia
Dalam mengakses URL tentunya kita harus mengetahui alamat server penyedianya. Contohnya yaitu: kamu-info.web.id

3. Path File
Merupakan tempat lokasi file yang akan kita tuju. Contohnya kita ingin melihat halaman pada sebuah situs web pada blog ini maka file pathnya yaitu: http://www.kamu-info.web.id

Fungsi & Kegunaan URL

Fungsi atau Kegunaan URL adalah:

1. Sebagai pengidentifikasi sebuah dokumen di situs web.
2. Untuk memudahkan kita dalam mengakses suatu dokumen melalui situs web.
3. Untuk memberikan penamaan terhadap suatu berkas atau dokumen pada situs web.
4. Memudahkan kita untuk mengingat suatu alamat situs web.

Secara garis besar, situs web bisa digolongkan menjadi 3 bagian yaitu:

1. Situs Web Statis
Situs web statis merupakan situs web yang memiliki isi tidak dimaksudkan untuk diperbarui secara berkala sehingga pengaturan ataupun pemutakhiran isi atas situs web tersebut dilakukan secara manual.

2. Situs Web Dinamis
Situs web dinamis merupakan situs web yang secara spesifik didisain agar isi yang terdapat dalam situs tersebut dapat diperbarui secara berkala dengan mudah. Sesuai dengan namanya, isi yang terkadung dalam situs web ini umumnya akan berubah setelah melewati satu periode tertentu. Situs berita adalah salah satu contoh jenis situs yang umumnya mengimplementasikan situs web dinamis.

3. Situs Web Interaktif
Website interaktif adalah pengembangan lebih lanjut website dinamis. Dimana dalam website interaktif terjadi komunikasi dua arah antara pengunjung dan pengurus website atau antara pengunjung dengan sesama pengunjung. Contoh website keren yang interaktif adalah Facebook dan Twitter.

Jaringan Internet


Jaringan Internet

Jaringan internet secara sederhana adalah gabungan jaringan-jaringan komputer di seluruh dunia dan merupakan rangkaian komputer terbesar di dunia, dan akan terus berkembang. Namun komputer-komputer yang dimaksud tadi cuma merupakan sebagian saja dari definisi konsep jaringan Internet, karena saat membicarakan tentang jaringan komputer terbesar ini, maka yang dimaksudkan adalah semua yang berkaitan dengan informasi, masyarakat penggunanya dan juga perangkat lunak serta perangkat keras yang digunakan.

Internet (kependekan dari interconnection-networking) itu sendiri merupakan seluruh jaringan komputer yang saling terhubung menggunakan standar sistem global Transmission Control Protocol/Internet Protocol Suite (TCP/IP) sebagai protokol pertukaran paket (packet switching communication protocol) untuk melayani miliaran pengguna di seluruh dunia.Rangkaian internet yang terbesar dinamakan Internet. Cara menghubungkan rangkaian dengan kaidah ini dinamakan internetworking ("antarjaringan").

Internet juga bisa dibilang jaringan komputer yang menghubungkan berjuta komputer diseluruh dunia, tanpa batas negara, dimana setiap orang yang memiliki komputer dapat bergabung ke dalam jaringan ini hanya dengan melakukan koneksi ke penyedia layanan internet (internet service provider / ISP) seperti Telkom Speedy, atau IndosatNet. Internet dapat diterjemahkan sebagai international networking (jaringan internasional), karena menghubungkan komputer secara internasional, atau sebagai internetworking (jaringan antar jaringan) karena menghubungkan berjuta jaringan diseluruh dunia. Internet, sebuah jaringan yang begitu kompleks namun sungguh mengagumkan.

Penerapan Jaringan Internet


Jaringan Internet

Terdapat bermacam-macam jaringan Internet, digunakan untuk berhubungan antara individu dengan individu atau kelompok – mail elektronik, dalam menggunakan layanan ini dibutuhkan account e-mail dari penyedia layanan elektronik mail. e-mail ini dikirim dari satu server ke klien tujuan melalui host transisi seperti pada pengiriman surat biasa. Cara terbaik membaca mail adalah dengan menggunakan perangkat lunak pembaca mail yang akan berhubungan dengan server mail dan menarik mail-mail pengguna tersebut ke pc yang digunakan sebelum dibaca.

1. Untuk berhubungan antara kelompok berita atau diskusi
Pada sistem jaringan internet pasti setidaknya bisa mendapatkan satu kelompok yang dapat berbagi informasi atau minat. Terdapat ribuan kelompok berita dimana pengguna saling berhubungan. Disini bebas bisa mengeluarkan pendapat dengan hubungan apa saja. Sebagian dari kecil dari kelompok ini beritanya disaring oleh pengelolanya. Setiap kelompok biasanya memiliki Pertanyaan Umum (‘Frequently Asked Question’) yang diatur oleh anggota kelompok agar menjadi bimbingan kepada anggota baru agar tidak bertanya mengenai pertanyaan yang sudah sering muncul dan telah terjawab. Informasi atau pertanyaan ini bersama dengan cara setiap server memiliki server sumber yang mengirimkan informasi kepadanya dan juga akan mengirim informasi itu kebeberapa server lain yang berlangganan dengannya.

2. Berhubung dengan kelompok menggunakan e-mail melalui listserv
Biasanya ada juga kelompok yang berhubungan dengan e-mail dimana berlangganan dengan kelompok listserv ini. Semua klien menulis kepada administrator listserv dan siapa ingin mendapatkan pesan-pesan yang dikirim ke administrator bisa menulis kepada administrator listserv (mailing list service) untuk berlangganan. Kebanyakan kelompok berita USENET bisa juga di langgan secara listserv. Hanya dengan menggunakan perangkat lunak e-mail untuk terhubung dengan listserv. Pastikan selalu membaca e-mailnya setiap hari karena akan mendapatkan puluhan atau ratusan jika berlangganan dengan ‘mailing list’ populer dalam sehari.

3. Menggunakan komputer ditempat lain-telnet
Jika memiliki akun di komputer tempat lain (remote), bisa gunakan komputer menggunakan fasilitas telnet. Untuk menggunakan komputer ini akan diminta login menggunak User name dan memasukkan password. Ada juga komputer yang memungkinkan pengunjung atau orang yang tidak dikenal menggunakan komputer mereka secara terbatas. Bisa menggunakan fasilitas telnet untuk membaca mail dengan telnet ke server mailnya dan memasukkan arah mail atau pine atau apa saja perintah yang membuka mail untuk host itu.

4. Mendapatkan file dari komputer Remot-Ftp
Di dalam sistem jaringan Internet ada ratusan ribu file yang mengandung informasi atau perangkat lunak yang bisa didapatkan secara gratis baik untuk penggunaan tanpa batas atau terbatas. Untuk menggunakan fasilitas ini Anda harus lunak ftp (‘file transfer program’). Harus memberitahu nama komputer host yang menyimpan file dan juga direktorinya. Anda juga harus memberikan identifikasi diri dan juga password untuk menggunakan fasilitas ini. Namun kebanyakan host menerima identifikasi ‘anonymous’ dan alamat email sebagai password. Anda disebut sebagai ‘download’ file tesebut dari host tersebut. Anda juga jika diizinkan membuat ‘upload’ file Anda untuk diletakkan di host tersebut untuk dibagi dengan pengguna lain.

5. Ngobrol di Jaringan Internet – IRC.
Dapat berdiskusi online dengan secara mengetik apa yang ingin disampaikan dengan kelompok secara ‘real-time’ dengan menggunakan perangkat lunak chat atau Internet Relay Chat. Selain itu dapat melihat pesan-pesan yang ditaipkan oleh mereka yang mengambil bagian dalam sesuatu kamar maya di ruang chat tersebut. Layanan ini punya satu server chat dan peserta berkomunikasi menggunakan perangkat lunak chat atau browser.

6. Mendapatkan informasi di jaringan internet melalui-World Wide Web
Sistem jaringan internet menjadi populer setelah keluarnya layanan ‘World Wide Web’ diperkenalkan. Jaringan informasi WWW ini terdiri dari situs-situs web yang menampilkan informasi untuk tuntunan pelungsur web. Di setiap situs web memiliki sekurangnya  yaitu satu server web yang tugasnya menyampaikan file-file yang diminta oleh pengguna yang menggunakan perangkat lunak ‘browser’.
Referensi Artikel:
E-Book Rekayasa Web
http://id.wikipedia.org/wiki/Situs_web
http://id.wikipedia.org/wiki/World_Wide_Web
http://www.proweb.co.id/articles/web_design/website_adalah.html
http://id.wikipedia.org/wiki/Jaringan_komputer
http://jaringankomputer.org/jaringan-internet-macam-macam-sistem-jaringan-internet-adalah
http://id.wikipedia.org/wiki/Internet
http://kominfo.malangkota.go.id/2014/12/wujudkan-pelayanan-prima-tiap-skpd-harus-terkoneksi
Bagikan:

Related Post