Lazada IndonesiaLazada Indonesia

Cara Googling Dengan Cepat & Tepat

Cara Googling Dengan Cepat & Tepat

Google Inc. adalah sebuah perusahaan multinasional Amerika Serikat yang didirikan oleh Larry Page dan Sergey Brin dan berkekhususan pada jasa dan produk Internet. Produk-produk tersebut meliputi teknologi pencarian yang dikenal google search, komputasi web, perangkat lunak, periklanan daring/online dan lain sebagainya.

Seperti yang telah disebutkan, salah satu produk terkenal google yaitu "google search" atau mesin pencari. Kita dapat mencari informasi melalui website google search itu yang dikenal sebutan Googling, yakni dengan cara membuka website google dengan alamat google.com dan mengetikkan kata-kata informasi yang ingin kamu cari. Google pun secara otomatis menampilkan berbagai macam daftar informasi yang kamu cari berupa situs, gambar, buku, dokumen, dan lain sebagainya. Untuk menambah ilmu, berikut ini adalah cara googling dengan cepat & tepat.

a. Jika kamu ingin mencari informasi dengan cepat langsung saja ketik kalimat kamu dengan menggunakan fitur prediksi google seperti gambar ini. Misalkan kamu ingin mencari informasi cara mengubah password tertentu. Di kotak pencarian google kamu bisa langsung ketik: cara mengubah password, secara otomatis google akan menampilkan list sesuai dengan pencarian yang kamu inginkan, selanjutnya pilih dan klik kata atau kalimat yang kamu inginkan.

Cara Googling Cepat

b. Ketika kamu ingin mencari informasi kata di situs tertentu kamu bisa membatasi hasil pencarian untuk situs tertentu saja. Caranya yaitu dengan menambahkan kata site: diikuti dengan nama situs yang dimaksud. Misalnya saja kamu ingin mencari informasi tentang “tutorial” di situs kamu-info.web.id, maka kamu bisa mengetikkan: tutorial site:kamu-info.web.id, tekan enter. atau dengan cara mengetikkan http:, kemudian alamat website yang kamu inginkan. Misalkan kamu ingin mencari materi pengertian internet di website Wikipedia, maka kamu ketik: pengertian internet http:wikipedia, lalu tekan enter.

c. Ketika kamu ingin mencari materi  atau dokumen dalam bentuk file .doc, .pdf, .ppt dan lain sebagainya, silahkan kamu ketik filetype:doc di akhir kata pencarian. Misalnya kamu ingin mencari materi cara membuat website, maka silahkan ketik: cara membuat website filetype:pdf, kemudian tekan enter.

d. Jika kamu ingin mencari informasi berdasarkan judulnya saja, maka ketikkan saja intitle:, kemudian kata yang ingin dicari. Misalkan kamu ingin mencari materi yang berjudul sejarah komputer, maka silahkan kamu ketik: intitle:sejarah komputer, kemudian tekan enter.

e. Ketika kamu hendak mencari kata pada url maka ketik kata dengan format -inurl: atau
-allinurl:, kemudian diikuti dengan kata yang ingin dicari. Misalkan kamu lupa dengan alamat domain kamu info kamu bisa dengan mengetik kata: -inurl kamu info, lalu enter.

f. Jika kamu ingin mencari kata yang spesifik dan cepat, dipisah menggunakan tanda spasi " ". Misalnya ingin mencari tipe blog silahkan langsung saja ketik: tipe blog, lalu tekan enter. 

g. Jika kamu ingin menemukan halaman situs tertentu pada urutan atas dan memaksudkan agar judul yang agak menyimpang akan di tampilkan diurutan bawah maka kamu bisa gunakan tanda kutip "". Misalkan ingin mencari kata laptop murah maka bisa kamu ketik: "laptop murah", lalu tekan enter.

h. Jika kamu ingin mengikutsertakan atau menambah kata atau istilah dalam pencarian kamu bisa menggunkan tanda "+" dan begitu juga sebaliknya jika kamu tidak ingin ada kata tertentu dalam pencarian tinggal kamu gunakan tanda "-".  Misalkan kamu ingin mencari macam-macam aplikasi yang bukan android maka bisa kamu ketik: aplikasi -android, begitu juga sebaliknya jika kamu ingin mencari aplikasi android bisa kamu ketik: aplikasi +android. dan tekan enter.

i. Ketika kamu ingin membandingkan suatu merk atau produk tertentu gunakan kata "vs". Misalkan bila kamu ingin mencari tahu perbandingan spesifikasi iphone 5s dengan iphone 6, maka bisa kamu ketik: iphone 5s vs iphone 6, lalu tekan enter.

j. Apabila kamu ingin mencari suatu kata dengan sinonim-nya, maka gunakan tanda ~. Misalkan kamu hendak mencari pengertian data, kamu cukup ketikkan: pengertian~data, kemudian enter.

k. Ketika kamu ingin mencari informasi jarak waktu yang anda tentukan silahkan gunakan tanda ".." . Misalnya saja kamu ingin mencari lowongan pekerjaan 2015 sampai 2016, maka silahkan ketikkan: lowongan pekerjaan 2015..2016, lalu enter.

l. Ketika kamu hendak mencari definisi suatu kata atau ungkapan tertentu saja, bisa kamu pakai kata define: diikuti kata atau ungkapan yang dimaksud. Misalnya kamu ketik: define:website, lalu enter.

Cara-cara di atas juga bisa kamu kombinasikan sesuai keperluan pencarian. Misalnya saja ketika kamu ingin mencari materi dengan judul sejarah komputer berekstensi file .doc maka tinggal kamu ketik: intitle:sejarah komputer filetype:doc. dan tekan enter.

Selanjutnya dibawah ini merupakan cara lain yang juga untuk mempermudah pencarian kamu dalam memperoleh informasi yang kamu inginkan berupa gambar, aplikasi, video, berita, dan lain sebagainya.


Menu Google Search


m.  Jika kamu ingin mencari gambar, ketik kata yang ingin kamu cari dan klik menu "Images" di bawah kotak pencarian, maka Google akan mencarikan foto atau gambar dalam database-nya sesuai yang ingin kamu cari. 

n.  Ketika kamu ingin mencari buku online, ketik kata yang ingin kamu cari dan klik menu "Books" di bawah kotak pencarian, maka kamu akan melihat informasi tentang buku-buku aktual yang telah dipindai dan diindeks oleh Google dan terlihat gambar cover buku. Kamu dapat membaca seluruh teks buku tersebut asalkan karya yang bersangkutan tidak dilindungi hak cipta. 

o.  Jika kamu ingin mencari berita terbaru, ketik saja kata-kata yang ingin kamu akses dan klik saja menu "News" di bawah kotak pencarian menyediakan informasi terkini dalam bidang politik, bisnis, teknologi, hiburan, olahraga dan sebagainya.

p. Jika kamu ingin mencari berbagai macam video, ketik kata yang ingin kamu cari dan klik menu "Videos" di bawah kotak pencarian, maka Google akan mencarikan kamu berbagai macam video sesuai dengan kata yang kamu cari yang diambil terutama dari youtube. Selain itu masih banyak lagi menu-menu yang mempunyai fungsinya masing-masing misalnya saja Maps. Apps,  dan Search Tools.

q. Ketik kata "weather" jika kamu ingin melihat keterangan kondisi cuaca kamu sekarang. Bisa digunakan untuk mengetahui keadaan cuaca tempat lain dengan format: weather nama lokasi Misalkan kamu ingin mengetahui cuaca wilayah bekasi maka ketik saja: weather bekasi, dan tekan enter.

Weather

r. Ketikkan saja kata "translate" jika kamu ingin menerjemahkan kata-kata yang kamu inginkan. Cara cepatnya dengan format kata: kata to format bahasa yang ingin kamu terjemahkan misalkan kamu ingin menerjemahkan kata bernyanyi ke bahasa inggris maka ketik saja: bernyanyi to english. dan tekan enter.

Translate

s. Ketikkan saja kata "calculator" jika kamu ingin menghitung angka-angka. Cara cepatnya langsung dengan mengetik operasi penghitungan matematika yang diinginkan dengan sesuai formatnya pada kotak pencarian misalnya: 9*11+1. dan tekan enter.

Calculator

t. Selanjutnya ketikkan saja kata "currency" jika kamu ingin menerjemahkan kata-kata yang kamu inginkan. Cara cepatnya dengan format kata: angka format mata uang to format mata uang misalkan kamu ingin mengetahui berapa nominal 2 usd ke rupiah maka ketik: 2 usd to rupiah. dan tekan enter.

Currency

Cara-cara tersebut hanya sebagian umumnya saja jika kamu ingin melihat lebih lengkap cara-caranya kunjungi saja situs dibawah ini.


Mungkin bila kamu mempunyai cara lainnya lagi, kamu bisa berkomentar dibawah ini dan saling berbagi pengetahuan terima kasih.
Bagikan:

Related Post